Pengaduan Masyarakat

NONama dan Alamat PelaporTanggal PengaduanUraian PengaduanTindak Lanjut Penyelesaian Pengaduan
1Joko Nugroho11 Januari 2021Terkait Penjelasan kekurangan bekas permohonan izin penempatan reklame Turindo Tour and TravelPetugas telah menjelaskan dengan jelas dan detail (via WA dan Tlp) terkait kekurangan berkas apa saja yang harus dilengkapi untuk pengajuan izin reklame Turindo Tour and Travel. Pemohon akhirnya mau menerima penjelasan tersebut,dan mau melengkapi kekurangan berkas
2Suwito21 Januari 2021Terkait resi BC97FB dibatalkan karena kesalahan mengisikan TMT pembayaran retribusiPetugas telah menindaklanjuti dengan memberikan jawaban via aplikasi(desk pengaduan) bahwa pemohon harus mengajukan permohonan ijin reklame baru kembali.
3Hartini27 Januari 2021Terkait lamanya pengajuan rekon izin operasional Rumah Sakit Paru OPD teknistelah ditindak lanjuti dengan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan rekom telash diterbitkan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
4Bayu Sukmono27 Januari 2021Terkait pengajuan izin tanggal 19 Desember 2020,belum ada tanggapanPetugas telah menindaklanjuti dengan memberikan jawaban via aplikasi(desk pengaduan) bahwa pemohon harus melengkapi kekurangan berkas berupa rekomendai dai Dinas Tenaga Kerja,Koperasi dan Usaha Mikro.
5Sriatin (Apotek Melati)28 Januari 2021Terkait SIA (Surat Ijin Apoteker) habis masa berlakunya dan belum bisa melakukan pemenuhan komitmen karena adanya perubahan pada akte CVPetugas menginformasikan kepada pemohon untuk diselesaikan terlebih dahulu kepengurusan akte CV dan berkoordinasi dengan OPD teknis (Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana)
6Vera (Apotek Ferli Farma)29 Januari 2021Terkait SIA (Surat Ijin Apoteker habis masa berlakunya)Petugas menginformasikan dengan jelas kepada pemphon untuk segera mengajukan permohonan perpanjang SIA ke OPD teknis(Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana)
7Perwakilan Apotek Bok Malang1 Pebruari 2021Terkait perubahan kepemilikan apotekPetugas sudah menindaklanjuti dengan memberikan penjelasan kepada pemohon persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk perubahan kepemilikan apotek
8Klinik PG.Redjo Agung Baru2 Pebruari 2021Perizinan Klinik terganggu karena terganjal SLFPetugas memberikan penjelasan kepada pemohon untuk menyelesaikan dahulu pengajuan SLF,mengingat klinik Redjo Agung menempati bangunan baru (bekas gedung Puskesmas Patihan Lama)
9Tukang Gigi Arif2 Pebruari 2021Apakah harus mengikutsertakan NPWP untuk mengajukan perpanjangan izin lama/pengajuan baruPetugas memberikan penjelasan kepada pemohon bahwa NPWP tidak dipersyaratkan dalam pengajuan izin lama/pengajuan baru tukang gigi
10Ilyas Alfaroki3 Maret 2021Pengajuan ijin prosesnya lambatPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor melalui WhatsApp.
11Setiadji Mawanto,Bsc8 Maret 2021Tidak bisa mencetak Surat Keternagn Rencana Kota (SKRK) oadahal sudah mengisi surveiPerugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor melelui WhatsApp Center.
12Yuni Mediana Wulandari9 Maret 2021Ditolak karena belum memenuhi persyaratan teknis tata bangunan dan lingkungan ,Ibu Yuni Mediana Wulandari tidak tahun teknis tata bangunan dan lingkungan kita harus bagaimanaPetugas telah menindaklanjuti Pengaduan Ibu Yuni melalui aplikasi, terkait belum terpenuhinya persyaratan teknis tata bangunan dan lingkungan (hal tersebut sesuai dengan hasil evaluasi teknis Dinas PUPR), untuk keterangan lebih lanjut, ibu bisa menghubungi Dinas Teknis Terkait yaitu Dinas PUPR di nomor telepon (0351) 471151.
13Aulia Krisna Yudi13 Maret 2021Menanyakan untuk upload ulang perbaikan dataPetugas telah menindaklanjuti laporan tersebut dengan memberikan penjelasan kpada pelapor via aplikasi,bahwa permohonan beliau dikembalikan oleh dinas teknis (Dinas PURT) dengan rincian keterangan sebagai berikut :
1.Scan sertifikat tanah yang diupload tidak lengkap.
2.Materai yang digunakan minimal 9000.
3. Tata cara pemasangan dan penandatanganan sesuai ketentuan yang berlaku.
4.Belum upload scan izin lokasi OOS.Silahkan mengupload ulang dengan menggunakan formuli permohonan yang ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Kota Madiun.
14Muhammad Arwani24 Maret 2021Menanyakan Prosesnya masih berapa lama lagi.Petugas telah menindaklanjuti dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via aplikasi,bahwa berkas permohonan masih tahap proses di Dinas PURT(Dinas Teknis Kota Madiun)
15Yopi Prasetio24 Maret 2021Menanyakan proses perijinan yang lamaPetugas telah menindaklanjuti laporan tersebut dengan memberikan penjelasan kpada pelapor via aplikasi,bahwa permohonan beliau dikembalikan oleh dinas teknis (Dinas PURT) dengan rincian keterangan sebagai berikut :
1.Gambar konstruksi reklame belum lengkap(gambar ukuran reklame tidak ada).
2.Belum upload perhitungan struktur konstruksi reklame.
3.Matera yang digunakan minimal 9000,tata cara pemasangan dan penandatanganan sesuai ketentuan yang berlaku.
16Fillah Fitrahdini, AMd.Kep 9 April 2021Menanyakan status permohonan ijin Ibu Fillah Fitrahdini Amd.Kep tidak berjalan lagi sedangkan teman saya yang di uploud bersamaan sekarang sdh sudah jadPetugas memberikan penjelasan kepada pemohon,bahwa permohonan ijin yang ibu upload, masih menunggu rekomendasi dari Dinas Teknis terkait (Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana), Ibu bisa menghubungi dinas teknis (Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana) di nomor (0351) 464242.
17Yuliani Karyaningrum, S.pd14 April 2021Menanyakan untuk permohonan konfirmasi Tata Ruang (AP) dengan no resi DDD257 sudah jadi atau belumPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via aplikasi pengaduan MASS,bahwa permohonan konfirmasi AP dengan no resi DDD257 masih menunggu rekon dari dinas teknis (Dinas PURT).
18Fittria Handayani,Amd,Kes20 April 2021penulisan nama harusnya Fitria Handayani,Amd,Kes yang diinput pada aplikasi Fittria Handayani,Amd,KesPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan mengkonfirmasi ke petugas teknis pelayanan.
19Yulianti Karyaningrum, S.pd24 April 2021Menanyakan perijinan pemenuhan komitmen SPPL sudah jadi atau belum.Petugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via aplikasi pengaduan MASS,bahwa untuk pemenuhan komitmen SPPL yang diajukan dalam proses tahap verifikasi pendaftaran.
20Ilyas Alfaroki3 Maret 2021Pengajuan ijin prosesnya lambatPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via Whatsapp
21Setiadji Mawanto,Bsc8 Maret 2021Tidak bisa mencetak Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) padahal sudah mengisi surveiPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via Whatsapp
22Yuni Mediana Wulandari9 Maret 2021Ditolak karena belum memenuhi persyaratan teknis tata bangunan dan lingkungan,Ibu Yuni Mediana Wulandari tidak tahu teknis tata bangunan dan lingkungan kita harus bagaimanaPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor ( Ibu Yuni Mediana Wulandari )via aplikasi,bahwa belum terpenuhinya persyaratan teknis tata bangunan dan lingkungan sesuai dengan hasil evaluasi teknis Dinas PUPR
23Aulia Krisna Yudi13 Maret 2021Menanyakan untuk upload ulang pernaikan dataPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via aplikasi,bahwa permohonan beliau dikembalikan oleh Dinas PURT dengan rincian 1.Scan sertifikat tanah yang diupload tidak lengkap, 2.Materai yang digunakan minimal 9000, 3. tata cara pemasangan dan penandatanganan sesuai ketentuan yang berlaku, dan 4. belum upload scan izin lokasi OSS.Silahkan mengunggah atau mengupload ulang dengan menggunakan formulir permohonan yang ditujuakan kepada Kepala DPMPTSP Kota Madiun
24Muhammad Arwani24 Maret 2021Menanyakan prosesnya masih berapa lama lagiPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via Aplikasi bahwa berkas permohonan masih tahap proses pada Dinas Teknis (Dinas PURT Kota Madiun)
25Yopi Prasetio24 Maret 2021Menanyakan proses perizinan yang lamaPetugas telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada pelapor via aplikasi,bahwa berkas pengajuan permohonan izin yang diupload,dikembalikan oleh dinas teknis karena 1.Gambar konstruksi reklame belum lengkap, 2.belum upload perhitungan struktur konstruksi reklame,.3.materai yang digunakan minimal 9000,tata cara pemasangan dan penandatanganan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
26Dhoni31 Mei 2021Menanyakan ijin IMB suadh 3 minggu belum dapat infoPetugas sudah menindaklanjutinya dengan memberikan jawanan via helpdesk kepada pemohonan bahwa IMB posisi masih penghitungan dan penetapan retribusi dari dinas teknis
27Moga Bela Pristy Ana A.md.Farm5 Juni 2021Proses Cetak lamaPetugas pengaduan sudah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan jawaban (via aplikasi) bahwa untuk melakukan monitoring pengajuan perijinan sudah sampai dimana,pemohon dapat pengakses webite perizinan.madiunkota.go.id dengan menilih bagian menu monitoring proses izin.
28Atik Trisnawaty18 Juni 2021Proses yang lamaPetugas pengaduan sudah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan memberikan jawaban bahwa berkas Permohonan Konfirmasi Arahan Tata Ruang (AP) yang Ibu Atik Trisnawaty ajukan masih tahap proses oleh Dinas Teknis (Dinas PURT)
29Dialoha Aloha 13 Juli 2021Respond lama dari pihak terkaitPetugas teknik pelayanan telah menginformasikan kepada pemohon,bahwa permohonan konfirmasi Arahan Tata Ruang (AP) An.Lusia masih dalam proses evaluasi oleh Dinas Teknik (Dinas PURT)
30Nanang Winarso13 Juli 2021Proses pengajuan SIUP sudah seminggu belum jadiPetugas Teknik Pelayanan telah menginformasikan kepada pemohon,bahwa permohonan SIUP masih dalam proses evaluasi oleh Dinas Teknik ( Dinas Perdagangan )
31Triana Wahyu Novitasari A.Md.Farm15 Juli 2021Tahub kelulusan salah input harusnya lulus tahun 2019Petugas pengaduan telah memberikan jawaban bahwa untuk pengajuan permohonan ijin yang diajukan .Dimohon untuk mendaftar kembali dan menginput ulang data (termasuk pernaikan tahun kelulusan)serta untuk melengkapi seluruh isian/data yang harus dipenuhi dalam penginputan ulang tersebut.
32Eva Erviana Putri,A.Md.Farm16 Juli 2021Pada hasil SIPTTK tercetak rekomendasi OP sebagai berikut 93/PC-PAFI/REK/VI/2021 tanggal 5 Juli 2021 ada kesalahan nomer surat rekomendasi.Dimana pada lampiran yang telah dilampirkan rekomendasi OP 93/PC-PAFI/REK/VII/2021 tanggal 05 Juli 2021 Nomer VI harusnya VII.Mohon bantuan untuk disesuaikan.Petugas pengaduan telah menyampaikan pengaduan tersebut ke petugas teknis pelaynana untuk ditindaklanjuti ke pemohon.Pemohon telah mendaftar kembali dan menginput ulang data sesuai lampiran yang dimaksud
33Widodo26 Juli 2021Disertifikat tertulis "Keadaan tanah : Sebidang tanah pekarangan diatas nerdiri rumah batu" Kenapa permohonan kami "DITOLAK" (tertulis diketerangan bahwa tanah yang diajukan peruntukannya berupa sawah) Padahal dilingkungan sekitar kanan/kiri depan/belakang berdiri rumah-rumah tetangga.Mohon kerjasama dan penjelasan terimakasihPetugas pengaduan telah memberikan jawaban kepada pemohon bahwa berdasarkan Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 6 Tahun 2011,bahwa tanah diajukan peruntukannya berupa sawah,dengan ketentuan dilarang melaksanakan pembangunan fisik dengan fungsi yang tidak mendukung kegiatan pertanian.Aepanjang ketentuan belum berubah,masih merupakan RTRW sawah tetap dilarang
34Yayan Triofa ( via helpdesk )16 Agustus 2021Sampai kapan perijinan tutupPetugas Pelayanan telah memberikan penjelasan via helpdesk kepada Bapak Yayan Triofa bahwa pelayanan tatap muka memang masih tutup,apabila ada kendala atau ingin konsultasi dapat melalui grup helpdesk media konsultasi online yang telah disediakan
35Diyah (via helpdesk)20 Agustus 2021Kesulitan masuk website untuk mendaftar PBGPetugas pelayanan telah menjawab via helpdesk dan memberikan informasi yang diperlukan oleh Ibu Diyah.
36Yudi Hasen ( Gapensi Kota Madiun)26 Agustus 2021Untuk mempermudah persyaratan dan mempercepat proses perijinanUpaya penyelesaian oleh bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pernyelenggaraan oerizinan berusaha berbasis resiko ke pelaku usaha secara berkala di berbagai sekto dengan menggandeng dinas teknis terkait
37Winarto (PT.IMST)26 Agustus 2021Mohon agar dilakukan perbaikan sistem OSS RBA agar mempermudah pengurusan perizinan1. Upaya penyelesaian oleh bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pernyelenggaraan oerizinan berusaha berbasis resiko ke pelaku usaha secara berkala di berbagai sekto dengan menggandeng dinas teknis terkait.
2. Melakukan koordinasi dengan kementrian investasi/BKPM secara berkelanjutan terkait perkembangan dan penyempurnaan sistem OSS RBA.
38Assa Yunita M (PT.IMST)26 Agustus 2021Penyempurnaan sistem OSS RBA sehingga mempermudah peralihan akses dari sistem lama OSS 1.1 kelancaran dalam penggunaan fitur yang tersedia dan tetntunya kepastian dalam mengurus perizinan1. Upaya penyelesaian oleh bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pernyelenggaraan oerizinan berusaha berbasis resiko ke pelaku usaha secara berkala di berbagai sekto dengan menggandeng dinas teknis terkait.
2. Melakukan koordinasi dengan kementrian investasi/BKPM secara berkelanjutan terkait perkembangan dan penyempurnaan sistem OSS RBA.
39Farida Ayu Oktaria (Dapur Mak Fa)26 Agustus 2021Kedepannya ada pengurusan NIB (perijinan)khususnya untuk UMKM secara bersama-sama,pemberian informasi serta bantuan untuk menginput sesuai dengan klasifikasinya,agar semua UMKM bisa mendapatkan perijinan dengan OSS RBA terbaru ini.1. Upaya penyelesaian oleh bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pernyelenggaraan oerizinan berusaha berbasis resiko ke pelaku usaha (khususnya UMKM) secara berkala di berbagai sekto dengan menggandeng dinas teknis terkait.
2. Melakukan koordinasi dengan kementrian investasi/BKPM secara berkelanjutan terkait perkembangan dan penyempurnaan sistem OSS RBA.
40Aris S26 Agustus 2021Kendala selama ini OSS Versi 1.1 lamanya proses pengurusan hingga selesai sampai terbit ijin1. Upaya penyelesaian oleh bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pernyelenggaraan oerizinan berusaha berbasis resiko ke pelaku usaha secara berkala di berbagai sekto dengan menggandeng dinas teknis terkait,sehingga pelaku usaha dalam melakukan proses migrasi dari OSS Versi 1.1 ke OSS RBA tidak mengalami kendala.
2. Melakukan koordinasi dengan kementrian investasi/BKPM secara berkelanjutan terkait perkembangan dan penyempurnaan sistem OSS RBA.
41Indah Widiyastuti, Amd.AK27 September 2021Terkait proses pengajuan ijin praktik ahli teknologi laboratorium medik yang lamaPetugas pengaduan telah menindaklanjuti pengadua tersebut,dengan memberikan penjelasan kepada pemohon (via aplikasi pengaduan)bahwa pengajuan ijin praktik ahli teknolohi laboratorium medik a.n Indah Widiyastuti, Amd.AK masih dalam tahap verifikasi pendaftaran.
42Indah Widiyastuti, Amd.AK27 September 2021Terkait proses pengaujuan ijin praktik ahli teknologi laboratorium medik yang lamaPetugas pengaduan telah menindaklanjuti pengaduan tersebut,dengan memberikan penjelasan kepada pemohon (via aplikasi pengaduan)bahwa pengajuan ijin praktik ahli teknolohi laboratorium medik a.n Indah Widiyastuti, Amd.AK masih dalam tahap verifikasi pendaftaran.
43Iwan Felix,S.Si7 Oktober 2021Kesalahan penulisan pada kata memberikan izin praktik bidan kepada yang seharusanya memeberikan izin praktik fisikawan medik kepadaPetugas pelayanan telah menindaklanjuti pengaduan dengan merevisi data tulisan pada sistem MASS (Madiun Kota Single Submission)
44Indah Widiyastuti, Amd.AK8 Oktober 2021Pengajuan izin yang tak kunjung selesaiPetugas pelayanan telah menindaklanjuti pengaduan dengan merevisi data tulisan pada sistem MASS (Madiun Kota Single Submission) bahwa proses pengajuan izin masih dalam proses verifikasi teknis oleh verifikastor, dan terkait lamanya proses pengajuan ijin kami harus menunggu rekom dari Dinas Teknis terkait (Dinas Kesehatan,Pengendaian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun)
45AL Fajr Fahion Kids2 Desember 2021Mendaftar OSS atas nama yayasan,tetapi nama yayasan ternyata sudah ada di dalam database,tidak tahu siapa yang mendaftarkan,mohon dibantu penyelesaiannya.Petugas pelayanan telah menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan data
46Melati Izza Akimadyah, Amd13 Desember 2021Kelanjutan SIKB,belum ada infoUntuk Surat Izin Prektek Bidan perpanjangan perijinan a.n Melati Izza Alimadyah,Amd sudah dapat dicetak secara mandiri oleh pemohon,melalui akun pemohon yang telah didaftarkan.
47Widyo Wibowo14 Desember 2021Proses PBG a.n Muhammad Fajar Subkhan sudah sampai mana?Petugas pelayanan telah menindaklanjuti dengan menginformasikan ke pemohon via chat wa,proses PBG sudah sampai tahap mana
48Tatang27 Desember 2021Kode KBLI untuk cleaning servicePetugas pelayanan telah menindaklanjuti dengan menginformasikan ke pemohon via Helpdesk bahwa untuk pencarian KBLI dapat dilakukan secara mendiri di website oss.go.id menu informasi>KBLI 2020
49Anisa Tri Setiyandari,Amd.Farm28 Desember 2021SIP yang diterbitkan terdapat kesalahan tanggal lahirPetugas telah melakukan perbaikan data pada SIP (Surat Izin Praktek)
50Euis Erica Nuzulya5 Januari 2022Meninta penjelasan terkait pengajuan izin penempatan dan KRK (Keterangan Rencana Kota)Petugas telah memberikan penjelasan bahwa pengajuan izin penempatan dan krk dapat diajukan melalui aplikasi MASS (Madiun Kota Single Submission) dengan persyaratan dapat dilihat pada menu persyaratan perizinan dengan SOP 5 (hari) setelah dari dinas teknis (Dinas PUPR Kota Madiun)
51Euis Erica Nuzulya6 Januari 2022Meninta Penjelasan terkait gambar konstruksi dan perhitungan konstruksiPetugas telah memberikan penjelasan kepada pemohon untuk hal-hal yang bersifat teknis dimihin menghubungi nomor helpdesk pelayanan 082244140102
52Maria Ratih Prastyarini 11 Januari 2022Lamanya proses pemenuhan komitmen surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL) perizinan baruSurat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL) sudah diproses dan diterbitkan jangka waktu 9 hari setelah diajukan.
53Maria Ratih Prastyarini 26 Januari 2022Izin penyelenggaraan Pendidikan Dasar Perizinan Baru kenapa lama prosesnya?Izin Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Perizinan Baru sudah diproses dan diterbitkan jangka waktu 21 hari setelah diajukan sikarenakan ada penentuan kebijakan yang perlu dirapatkan dengan Dinas teknis terkait.
54Rani Dwi Nurjanah, A.md.RMIK7 Pebruari 2022Menanyakan pengajuan Surat Izin Praktik Perekaman Medis (perpanjangan perizinan) sudah jadi atau belum?Surat Izin Praktik Perekaman Medis (perpanjangan perizinan) a.n Rani Dwi Nurjanah, A.md.RMIK, telah diproses dan diterbitkan dengan jangka waktu 13 hari setelah diajukan.
55Wahyu Dian Sukowati,SPD.AUD10 Pebruari 2022Mengapa sampai saat ini ijin operasional kami belum turun.saya upload terakhir awal januari 2022.mungkin ada kesalahan file atau langkah saya.mohon petunjuk.terimakasihPetugas memberikan penjelasan kepada pemohon bahwa untuk izin
56Ridho Nur Wijaya23 ebruari 2022Mengapa permohonan penerbitan persetujuan Analis Dampak Lalulintas (ANDALALIN) saya belum berjalan?Permohonan penerbitan persetujuan Analis Dampak Lalulintas (ANDALALIN) a.n Ridho Nur Wijaya ditolak dikarenakan
a. Untuk merubah blangko permohonan kepada : Yth.Bapak Walikota Madiun JL.Pahlawan No.37 Kota Madiun .
Tembusan Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun
b.Apabila kepengurusan dikuasakan,dibuat surat kuasa bermaterai dan KTP penerima kuasa.
57